PERBEDAAN LEADER DAN MANAGER

are-you-a-leader-or-a-manager

1. Leader melakukan inovasi sedangkan Manager yang mengelola

Artinya seorang Leader atau pemimpin adalah orang yang mempunyai ide-ide dan menggerakan suatu organisasi atau perusahaan untuk berfikiran maju dan membuat serta mengembangkan strategi-strategi baru dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut . Seorang Leader juga harus mempunyai pengetahuan yang luas tentang perkembangan  tren-tren terbaru dan melakukan inovasi . Seorang Leader merupakan stimulator inovasi untuk perusahaan dan karyawan-karyawannya karena banyak organisasi atau perusahaan yang berumur pendek atau berumur panjang semua itu bergantung bagaimana suatu organisasi mampu bertahan dan memanfaatkan peluang perubahan . Oleh  karena itu suatu organisasi harus selalu belajar . Pada situasi ini sangat diperlukan seorang Leader yang bisa menjadi penggerak inovasi bagi organisasi dan karyawan-karyawannya . Leader sebagai stimulator inovasi menjadi pemicu utama dalam upaya mencipkan lingkungan organisasi yang kondusif untuk berinovasi , meningkatkan kepercayaan diri yang tinggi , memberi peluang pembelajaran , dan menciptakan kesadaran bagi anggotanya untuk berkontribusi pada organisasi. Seorang Leader juga perlu memiliki coaching skill,dalam hal ini pemimpin perlu mendorong bawahannya untuk menjadi pencetus ide , percaya diri, berani mengambil resiko , dan mampu memberi inspirasi yang visioner untuk berinovasi.

Sedangkan seorang Manager menetapkan apa yang telah ditetapkan , mengelola dan mengatur sumber daya yang dapat berupa uang, aset, SDM,metode kerja dan waktu ,serta mempertahankan kontrol dan mengatasi gangguan atau masalah dalam suatu organisasi . Dalam buku The Wall Street Journal Essential Guide to Management”Lasting Lessons from the Best Leadership Minds of Our Time”, Alan Murray mengutip Drucker bahwa seorang manajer adalah seseorang yang menetapkan target yang tepat, tolak ukur, menganalisis, dan menilai kinerja bawahannya . Seorang Manajer juga harus bisa memahami orang-orang yang bekerja bersama dengan mereka dan tahu orang-orang yang terbaik untuk tugas-tugas tertentu.

2. Leader menginspirasi sementara Manager bergantung pada kontrol

Seorang pemimpin adalah seseorang yang bisa menginspirasi orang lain atau bawahnnya untuk menjadi yang terbaik dan membuat mereka bergairah dalam mencapai tujuan suatu organisasi . Sebagai inspiring Leader dapat diibaratkan seorang Nahkoda yang meyakinkan awak kapalnya bahwa mereka bisa sampai ketempat tujuan dengan selamat walau dalam kondisi badai, sebagai seorang awak kapal pasti akan mengikuti apapun perintah Nahkodanya karna mereka sudah mempercayai Nahkodanya yang telah memberikan inspirasi atau energi kepada awak kapalnya . Karena inspirasi merupakan bentuk perpindahan energi dari satu orang pemimpin kepada orang yang mengikutinya.

sedangkan seorang Manager bergantung pada ketetapan standar pelaksanaan organisasi dengan tujuan perencanaan, menentukan dan mengukur penyimpangan-penyimpangan serta mengambil tindakan koreksi yang diperlukan untuk menjamin semua sumber daya pada organisasi atau perusahaan dengan efektif dan efesien dalam pencapaian tujuan perusahaan . Drucker menulis bahwa tugas seorang Manager adalah untuk mempertahankan kontrol atas orang dengan membantu mereka mengembangkan aset mereka sendiri dan mengeluarkan bakat  terbesar yang mereka miliki. Semua dilakukan guna mencapai tujuan suatu Organisasi atau perusahaan .

3. Pemimpin bertanya ”what” dan ”why” sedangkan Manager bertanya ”How”

Seorang Leader bertanya apa dan mengapa untuk mempertanyakan jika karyawannya melakukan tindakan-tindakan tertentu yang terjadi . Jika suatu organisasi atau perusahaan mengalami kegagalan seorang Leader akan datang dan berkata “apa yang kita pelajari dari hal ini?” dan bagaimana kita menggunakan kegagalan ini untuk memperjelas tujuan kita  dan mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya ?”

Sebaliknya  seorang Manager yang tidak benar-benar berfikir tentang apa artinya kegagalan tetapi seorang manager akan bertanya “bagaimana” untuk memastikan karyawannya melaksanakan rencana dan prosedur yang telah ditetapkan dengan sesuai . Drucker menulis bahwa manajer menerima status quo dan lebih seperti tentara di militer . Seorang Manager tahu bahwa perintah dan rencana yang penting dan tugas manager adalah untuk menjaga visi pada tujuan perusahaan atau organisasi .

Leader dan Manager merupakan titik sentral dari setiap aktivitas yang terjadi dalam suatu organisasi atau perusahaan . Bagaimana kreativitas dan dinamikanya seorang Leader atau Manager dalam menjalankan wewenangnya akan sangat menentukan tujuan organisasi atau perusahaan dapat tercapai atau tidaknya . Perlu ditekankan bahwa tidak selamanya seorang Leader baik dan Manager buruk . Adanya kombinasi diantara keduanya yang sangat dibutuhkan dalam organisasi atau perusahaan supaya organisasi dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s